Ada apa dengan PT. Freeport Indonesia?

tpra_1.jpg

Tembagapura, Kab. Mimika, Papua

Ada apa dengan kota tercinta kami, Timika, Tembagapura? Belakangan ini timeline media sosial saya mendadak ramai dengan isu-isu perusahaan tambang di atas tanah Papua ini. Ada apa dengan PTFI? Sontak pertanyaan itu muncul dalam benak saya. 15 tahun hidup di Kota Timika, tak cukup bagi saya jika hanya membaca berita-berita itu tanpa tergerak untuk mencaritahu lebih jauh. Walaupun sudah beberapa tahun jauh dari kota Timika, tetap saja tidak menyurutkan rasa keingintahuan saya, lebih tepatnya care.

1524750-10202146147948072-796735161-n-55b8d709f47a61c00a53587f

Dengan modal membaca berita-berita  dari beranekaragam sumber, browsing sana sini, juga hasil nanya-nanya ke keluarga dan kerabat di sana, saya menyerap banyak informasi. Secara sederhananya saya simpulkan seperti seperti ini

PTFI, sebuah perusahaan tambang yang beroperasi di dataran tinggi Kota Timika. Saat ini kegiatan produksi PTFI terganggu sejak larangan ekpor konsentrat mineral (ore) dikeluarkan pemerintah Januari 2017 lalu. Pemerintah akan kembali mengeluarkan izin ekspor dengan syarat PTFI setuju dengan perubahan status dari KK (Kontrak Karya) menjadi IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus), sementara masa kontrak PTFI dan pemerintah seharusnya masih berlangsung hingga 2021. IUPK masih dipertimbangkan oleh PTFI karena terdapat  perubahan aturan di dalamnya. Negosiasi antara pemerintah dan PTFI yang belum memiliki titik terang ini kemudian berimbas pada nasib karyawan PTFI. Nama mereka jatuh di dua kemungkinan, PHK atau dirumahkan.

Nah, itu yang saya bisa simpulkan dengan sangat sederhana. Saya sebagai mahasiswi Kebidanan, nalar saya belum bisa untuk membahas permasalahan ini dari sudut pandang ekonomi, bisnis, hukum, maaf nggak nyampe :’D

Oke fokus ke nasib ribuan karyawan PTFI yang saat ini masih terombang-ambing. Kabarnya, PTFI telah melakukan pengurangan karyawan dan kontaktor secara besar-besaran sejak ekspor ore dihentikan, baik itu dengan jalan diPHK maupun furlough─demi efisiensi perusahaan. Sedih ya, mengingat sebagian besar penduduk Timika, bahkan para pendatang dari seluruh Indonesia selama bertahun-tahun bekerja di sana untuk menghidupi keluarga mereka, terus diPHK. Tentu sangat berdampak pada perekonomian setempat, Indonesia umumnya.

080155920150316-ratusan-pekerja-tambang-ptfi-dari-7-suku-blokade-jalan-tambang780x390

Banyak yang tidak mengetahui, PTFI sebenarnya telah merubah wajah Papua terutama Kota Timika tempat perusahaan ini berdiri. Freeport banyak berkontribusi dalam penyediaan fasilitas umum, seperti pendirian Airport berstandar Internasional (Mozez Kilangin), membangun sekolah-sekolah di pedalaman Papua, Perumahan, Masjid, Gereja, hingga Rumah Sakit.

SONY DSC

kuala-kencana-diresmikan-pada-tanggal-5-desember-1995-dan-mengawali-rencana-perluasan-pemukiman-yang-direncanakan-menjadi-salah-satu-kota-unik-dan-indah-di-indonesia
img_20121123110217_50aef549a2180

Di bidang pendidikan, ribuan anak asli Papua telah, sedang dan akan menikmati beasiswa mulai dari tingkat SLTP sampai Perguruan Tinggi (PT). Sementara di bidang kesehatan, masyarakat suku Amungme, Kamoro, Dani, Damal, Nduga, Moni dan Mee ata yang disebut dengan masyarakat tujuh suku di Kabupaten Mimika telah menikmati pengobatan gratis pada sejumlah fasilitas kesehatan (salah satunya RSMM) yang dibangun dan dikelola oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dan dua lembaga sebelumnya.

img_freeportindonesia_asramatarunapapua2.jpg

sumber: ptfi.co.id

150713_img_1.jpg

img_freeportindonesia_lpmak3_id.jpg

Keberadaan PTFI memiliki peran yang besar dalam pembangunan di Indonesia pada tingkat lokal dan nasional. Selain meberikan dana royalty dan pajak kepada pemerintah, PTFI juga memiliki tanggung jawab sosial untuk membangun dan mengembangkan masyarakat lokal disekitar wilayah operasinya.

Tapi masih banyak saja yang sinis dengan perusahaan yang satu ini, kebanyakan hanya bisa berkomentar dan melemparkan opini seenaknya tanpa tahu kondisi yang sebenarnya. Ayo ke Papua biar tau-_-

Back to point, mengenai masalah antara PTFI dengan pemerintah sebenarnya bukanlah masalah baru. Semoga saja semua permasalahan yang ada bisa segera berakhir dan mendapat solusi terbaik untuk semua pihak.

Untuk teman-teman yang juga punya keluarga atau kerabat di sana, mace-mace, pace-pace, mari tong berdoa saja sama Tuhan, memang keputusan ada di tangan pengambil kebijakan tapi yang paling berkuasa di atas bumi ini cuma Allah. Senyum!

sd_1

“Allah tidak akan mengambil sesuatu darimu kecuali Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.”

Informasi dan foto diambil berbagai sumber, insya Allah valid 🙂

Sharing is caring!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s